Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

febi@iainmadura.ac.id

FEBI IAIN Madura Adakan Yudisium ke-XVI

  • Diposting Oleh Admin Web FEBI
  • Rabu, 18 Oktober 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan, 18 Oktober 2023 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura mengadakan Yudisium ke-XVI Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, yang diselenggarakan dengan penuh semangat pada hari ini. Acara berlangsung mulai pukul 08:00 hingga 12:00 WIB di Auditorium IAIN Madura, menandai momen bersejarah bagi 169 mahasiswa yang secara resmi dinyatakan sebagai sarjana dalam bidang ekonomi syariah, perbankan syariah, dan akuntansi syariah.

Yudisium ke-XVI ini bertajuk "Muda, Tangkas, Berintegritas," mencerminkan semangat dan nilai-nilai yang ditanamkan kepada mahasiswa selama masa studi mereka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura. Dari 169 peserta yudisium, 73 mahasiswa berasal dari Program Studi Perbankan Syariah, 39 mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah, dan 57 mahasiswa dari Program Studi Akuntansi Syariah.

Acara prestisius ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dalam lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura, termasuk Senat FEBI, Bapak Wadhan, M.Si., dan Ibu Dr. Sakinah, M.E.I.. Turut hadi dalam acara ini Dr. H. Zainal Abidin, M.E.I.,  selaku Dekan FEBI IAIN Madura, Dr. Farid Firmansyah, M.M., sebagai Wakil Dekan 1, dan  Prof. Dr. Hj. Umi Supraptiningsih sebagai Wakil Dekan 2. Hadir pula Kabag TU dan Akademik FEBI, serta ketua dan sekretaris program studi di bawah naungan FEBI. Tidak ketinggalan, jajaran dosen dan tenaga kependidikan FEBI juga turut meramaikan acara ini, bersama pengurus Ikatan Alumni FEBI, dan putra-putri duta program studi.

Acara dimulai dengan pembukaan yang diiringi pembacaan surah al-Fatihah, ayat suci al-Quran, dan shalawat Nabi. Semangat nasionalisme diungkapkan dengan nyanyian Indonesia Raya dan Mars IAIN Madura. Acara dilanjutka dengan sambutan dan pesan-pesan dari dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura. Dalam sambutannya Dekan berpesan kepada para lulusan untuk selalu optimis dan percaya pada diri sendiri. Beliau mengingatkan bahkan malaikat pun pada awalnya meragukan kemampuan Adam sebagai khalifah di bumi. 

"Jangankan manusia, malaikat pun awalnya tidak percaya terhadap kapasitas Adam, makhluk yang akan diciptakan Allah untuk tinggal di bumi. Namun, Allah meyakinkan malaikat bahwa Adam bisa, dan ternyata Adam benar-benar mampu menjadi khalifah di atas muka bumi ini. Begitu pun kalian saat terjun ke masyarakat dan dunia kerja, mungkin mereka tidak akan langsung mempercayai kemampuan kalian. Tetapi yakinlah, dan buktikan bahwa kalian memiliki kualitas, seperti halnya Adam membuktikan diri bahwa dia punya kemampuan yang tidak dimiliki oleh para malaikat." kata Dekan FEBI dalam sambutannya.

Setelah sambutan, Prof. Dr. Hj. Umi Supraptiningsih, M.Hum., memberikan sekapur sirih yang membahas persiapan yang perlu dilakukan oleh para lulusan saat mereka terjun ke masyarakat. Isi dari pembicaraan mencakup topik seperti membangun rumah tangga, menjalin hubungan sosial kemasyarakatan, dan merencanakan hidup baik dalam jangka menengah maupun jangka panjang.

Bapak Iqbal Rafiqi menjadi pemateri yang memberikan motivasi dan bekal penting bagi para sarjana yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja dan berkontribusi dalam masyarakat. Dalam ceramahnya dengan tema "Muda, Tangkas, Berintegritas," Iqbal Rafiqi mendorong para lulusan untuk percaya pada diri mereka sendiri, mengingatkan bahwa lapangan kerja akan terbuka luas bagi mereka yang bergerak aktif, lincah dan memiliki integritas. 

Acara berlanjut dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Yudisium oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Akademik FEBI, Bapak Abdul Razak, M.Pd., dan pembacaan SK Lulusan Terbaik FEBI untuk Yudisium ke-XVI ini.

Prestasi lulusan terbaik pada Yudisium ke-XVI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura menjadi sorotan khusus. Lulusan terbaik Prodi Akuntansi Syariah diraih oleh Nur Diana Kholidah SM, S.Akun. (NIM 19383042054) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,81 dan lama studi selama 3 tahun 9 bulan. Sementara itu, lulusan terbaik Prodi Perbankan Syariah diraih oleh Ibroni Hasyim, S.E. (NIM 19383021072), Nurul Kamilia, S.E. (NIM 19383022157), dan Elok Manja Ayu Kenanga, S.E. (NIM 19383022035). Lulusan terbaik Prodi Ekonomi Syariah diraih oleh Fitriyana Agustin, S.E. (NIM 19383032057), Anisatul Jannah, S.E. (NIM 19383032053), dan Ani Wulandari, S.E. (NIM 19383032153). Sementara lulusan terbaik Prodi Akuntansi Syariah lainnya adalah Firman Ardiyansyah, S.Akun (NIM 19383041108) dan Qurratul A'yun, S.Akun (NIM 19383042059).

Acara berakhir sekitar pukul 11:20 WIB dan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Fahrurrozi, M.E.I., kaprodi Ekonomi Syariah. Setelah acara formal selesai, para lulusan bersama dengan kaprodi dan sekprodi mereka melanjutkan dengan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen bersejarah ini.